Daftar harga mesin Gerinda tangan duduk terbaru berbagai merek

Jenis mesin perkakas dengan fungsi menghaluskan, mengasah atau memotong benda kerja adalah mesin gerinda. Mesin gerinda bekerja dengan memutar batu gerinda yang kemudian disentuhkan ke permukaan benda kerja. Akibatnya benda kerja mengalami pengikisan, penajaman, pengasahan dan bahkan terpotong. Tak hanya pada benda logam, mesin gerinda pun bisa digunakan untuk beton, kayu, keramik, batu, kaca, dan benda-benda keras lain.


Pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas macam-macam mesin gerinda yaitu mesin gerinda tangan, mesin gerinda duduk dan juga mesin gerinda berdiri. Diinformasikan pula harga, spesifikasi dan kelebihan dari masing-masing tipe mesin gerinda tersebut. Tipe mesin gerinda paling populer digunakan adalah gerinda tangan yang bersifat portable. Gerinda tangan dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp. 200 ribuan. Mesin gerinda tangan bekerja dengan sumber energi dari listrik PLN. Biasanya daya yang dibutuhkan mulai 500 W hingga 2000 W. Dengan mengganti-ganti mata gerinda, mesin gerinda tangan ini bisa digunakan untuk bermacam-macam fungsi.


Mesin gerinda duduk (bench grinder) sesuai dengan namanya bersifat tetap. Biasanya mesin gerinda ini dipasang pada meja dudukan menggunakan baut dan benda kerja yang disentuhkan ke batu gerinda yang berputar. Mesin gerinda duduk memiliki fungsi mengasah alat potong dengan ukuran kecil diantaranya pahat tangan, pahat bubut, pahat sekrap dan juga mata bor. Pada mesin gerinda duduk ini batu gerinda terpasang di ujung poros kanan dan kiri yang diputar menggunakan motor listrik. Batu gerinda di sebelah kiri biasanya bertekstur kasar dan di sebelah kanan bertekstur halus. Untuk batu gerinda kasar untuk memotong benda kerja sementara batu gerinda halus untuk mengasah alat potong.

Mesin gerinda berdiri adalah mesin gerinda yang bersifat tetap dimana mesinnya terpasang dengan kaki-kaki yang tinggi. Mesin gerinda berdiri dinamakan pula sebagai mesin gerinda lantai, sebab penggunaannya langsung ditempatkan di lantai. Mesin gerinda berdiri ini biasanya memiliki fitur yang lebih kompleks. Bukan hanya untuk fungsi gerinda, mesin ini pun memiliki fungsi bubut atau membentuk benda kerja menjadi bentuk baru.

Daftar harga mesin gerinda tangan duduk dan berdiri terbaru 2018 dari berbagai merek bisa dilihat sebagai berikut :

1. Mesin gerinda duduk Nankai Rp.252.000

Mesin gerinda duduk Nankai
Mesin gerinda duduk Murah Merk Nankai

Mesin gerinda duduk ini bisa difungsikan untuk mengasah batu akik, mengasah mata bor, pisau, mata bajak, ataupun perkakas potong lainnya. Kebutuhan daya cukup rendah hanya 125 W untuk memutar kedua batu gerinda di kanan dan kiri. Mesin ini perlu dipasang pada dudukan meja menggunakan 4 baut.

Mesin Gerinda Duduk 8 Inch Ryu Bench Grinder RBG 8
Mesin Gerinda Duduk 8 Inch Ryu Bench Grinder RBG 8 Harga Rp780.000
Untuk keamanan, pada kedua batu gerinda sudah dipasang cover pelindung dari percikan material yang digerinda. Dilengkapi pula dengan tombol On Off untuk menghidupkan atau mematikan mesin dengan cepat.

2. Mesin gerinda tangan Bosch GWS060 Harga Murah Rp.349.000

Mesin gerinda tangan Bosch GWS060
Mesin gerinda tangan Bosch GWS060

Bosch GWS 060 mampu memberikan performa yang andal. Mesin ini pun cukup nyaman digunakan karena desain bodinya yang ergonomis. Bagian kepala gerinda bentuknya pipih sehingga bisa menjangkau bagian-bagian sudut dari benda kerja. Bagian kepala tersebut pun bisa diputar hingga 90 derajat. Untuk kebutuhan dayanya sebesar 670 Watt sehingga mampu menghasilkan power besar dengan jumlah putaran mencapai 11000 putaran per menit. Mesin ini juga bisa dipasangkan ke dudukan Prohex untuk kebutuhan pemotongan dengan tingkat presisi tinggi.

3. Mesin gerinda tangan Bosch GWS 18 V-Li bertenaga baterai Rp.2.799.000
Mesin Gerinda Cordless Bosch GWS 18 V-LI dgn Baterai & Charger
Mesin Gerinda Cordless Bosch GWS 18 V-LI Paket Lengkap Baterai & Charger Rp 4.125.000
Mesin gerinda tangan tak hanya mengandalkan sumber daya dari listrik PLN, Bosch pun mengeluarkan produk dengan tenaga baterai. Alat ini akan sangat berguna untuk pengerjaan di area proyek yang tak tersedia sumber listrik PLN. Baterai menggunakan tegangan 18 V dengan arus 4 Ah. Mesin ini bisa menghasilkan kecepatan hingga 1000 rpm dan menggunakan mata gerinda berukuran 4 inch. Dalam paket pembelian juga sudah termasuk charger untuk mengisi ulang daya baterai.

Mesin gerinda memang memiliki fungsi yang vital untuk berbagai pekerjaan baik perbengkelan maupun konstruksi. Dengan berbagai tipe yang ada, mesin gerinda akan memudahkan penyelesaian pekerjaan dengan lebih cepat. Harga mesin gerinda tangan duduk dan berdiri terrbaru 2018 di atas adalah harga yang tertera di situs tokopedia, lazada, bukalapak dan perkakasku.com dimana data diambil pada Februari 2018.