Contoh Soal UAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban

Contoh Soal UAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban - Soal-soal ujian akhir semester genap atau penilaian akhir tahun mata pelajaran b. Indonesia kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat kurikulum 2013 edisi revisi, berisikan materi soal mulai dari Bab 1, soal tentang proposal kegiatan sampai dengan Bab 4, soal tentang bermain drama.

Semua soal yang ada di postingan ini menggunakan kurikulum 2013 (kurtilas), jadi bagi anda yang saat ini masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP, silahkan baca tulisan admin sebelumnya, disini.

Berikut dibawah ini, soal ujian kenaikan kelas bahasa Indonesia kelas xi semester genap K13 lengkap dengan kunci jawaban.

1. Fenita : Kamu harus menentukan sikap. Pilih aku atau dia, sekarang juga!
Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi ….
Fenita : Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik!
Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian ….
a. pemaparan
b. konflik
c. klimaks
d. resolusi
e. penyelesaian
Jawaban: b

2. Setilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak : (Sambil menunjuk keluar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita-cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintku.
Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah ….
a. pemarah
b. pembual
c. pemberani
d. sombong
e. tidak bertanggung jawab
Jawaban: a

3. Memiliki kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan namun sering mereka kurang terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itulah perlu kiranya diadakan lomba diskusi panel untuk tingkat SMU se-DKI ini. Sebagai wadah bagi siswa berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat ….
Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian ….
a. pendahuluan
b. sasaran
c. tema
d. dasar pemikiran
e. perkiraan anggaran
Jawaban: d

4. Menentukan tujuan proposal.
Contoh:
Kebudayaan merupakan karakter dan jati diri bagi setiap bangsa. Bangsa Indonesia memiliki keragaman seni budaya., terutama dalam bentuk tarian yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, yakni dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote dengan keunikan dan identitasnya. tari-tarian itu akan lebih menarik apabila dipentaskan secara kolosal.
Tujuan proposal berdasarkan penggalan latar belakang di atas adalah ….
a. memasyarakatkan tari daerah
b. melestarikan tari daerah
c. mendemonstrasikan tari daerah
d. menyelenggarakan pentas tari daerah
e. meningkatkan kecintaan terhadap seni budaya
Jawaban: d

5. Menentukan jenis kegiatan yang sesuai judul proposal.
Contoh:
Judul Proposal : Kunjungan ke Daerah Terkena Bencana Alam
Jenis Kegiatan:
1. Pasar murah
2. Pengoobatan gratis
3. Seminar Tanggap Bnecana
4. Lomba memasak nonberas
5. Pelatihan penyelamatan diri
Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal di atas ditandai dengan nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban:  b

6. Menentukan sistematika penulisan proposal.
Contoh:
(1) Tujuan
(2) Jenis Kegiatan
(3) Latar belakang
(4) Landasan Kegiatan
(5) Penutup
(6) Anggaran Biaya
Sistematika penulisan proposal kegiatan yang tepat ditandai dengan nomor…..
a. (1), (3), (2), (4), (6), dan (5)
b. (1), (3), (4), (2), (6), dan (5)
c. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
d. (4), (2), (1), (6), (3), dan (5)
e. (4), (3), (2), (1), (6), dan (5)
Jawaban: c

7. Cermatilah data buku I bawah ini!
Judul buku: Bung Karno Maestro Monte Carlo
Pengarang: Agus Setiyanto
Tempat dan tahun terbit buku: Yogyakarta 2006
Nama penerbit: Ombak
Nomor halaman yang dikutip: 87
Penulisan catatan kaki yang tepat untuk kutipan berdasarkan data di atas adalah ….
a. Setiyanto, Agus 2006. Bung Karno Maestro Monte Carlo. Yogyakarta: Ombak. Him. 87
b. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombok, 2006), hlm. 87
c. Agus Setiyanto, 2006, Bung Karno Maestro Monte Carlo, Yogyakarta: Ombak, 2006. Him. 87
d. Setiyanto, Agus, Bung Karno Maestro Monte Carlo, Yogyakarta: Ombak, 2006. Him. 87
e. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Ombak: Yogyakarta, 2006), him. 87
Jawaban: a

8. Penulisan kutipan dari sumber tertulis yang benar adalah ….
a. Pertama, komposisi program studi di kampus tidak sesuai dengan variasi kebutuhan tenaga kerja di lapangan. Kedua, terjadi degradasi mutu lulusan
b. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan manusia, baik secara fisik maupun psikologis.
c. Argumentasi itu tidak lain daripada usaha untuk mengajukan bukti-bukti atau menentukan kemungkinan-kemungkinan untuk menyatakan sikap atau pendapat mengenai suatu hal (Keref, 1989:3)
d. Keraf (Komposisi: 1989 hal 3) menjelaskan bahwa argumentasi adalah suatu retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain
e. Yaitu alur, penokohan, bahasa, dan simbol-simbol yang dipakai oleh pengarang (Imam Syafe’ie dan A. Syukur Ghazali, 1995 hal. 10).
Jawaban: c

9. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….
a. R. A. Kartini. 1987. Habis Gelap terbitlah Terang. Jakarta: balai Pustaka.
b. Keraf, Gorrys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya
c. Gorrys, Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya
d. Kridalaksana, Harimukti dan Kentjano, Joko, Seminar Bahasa Indonesia 1968, Ende Flores: Nusa Indah, 1971
e. Rosidi Ayip, 1977. Laut Biru Langit Biru, Pustaka Jaya, Jakarta
Jawaban: b

10. Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk:
1. Mempererat hubungan antarsiswa di SMU ini
2. Memacu kreativitas dalam bidang fotografi
3. Membentuk kegiatan remaja yang positif
Bagian proposal di atas termasuk …..
a. Latar Belakang
b. Dasar pemikiran
c. Tujuan
d. Kepanitian
e. Anggaran
Jawaban: a

11. Perhatikan topik-topik berikut!
1. otonomi daerah
2. kearifan local
3. pengelolaan wisata
Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik karya tulis tersebut adalah ….
a. Kearifan lokal akan meninggalkan kualitas otonomi daerah dan pengelolaan wisata
b. Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial
c. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh
d. pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, diantaranya dalam mengelola wisata
e. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata
Jawaban: d

12. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan dalam meresensi buku ialah ….
a. Menimbang isi
b. Merujuk
c. Membahas
d. Mengkritik
e. Mengungkapkan Kembali
Jawaban: a

13. Berikut merupakan kalimat yang mengungkapkan kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku….
a. Buku ini sangat menarik, banyak sekali gambar-gambar yang menarik. Cerita yang disampaikan mudah untuk dimengerti.
b. Penulis sangat enjoy menggunakan kata-kata yang digunakan dalam membuat novel sehingga memberi kesan tidak menggurui
c. Kemunculan buku ini telah memperkaya pengetahuan bisnis khususnya untuk para pembisnis.
d. Kekuatan novel ini tidak hanya dari covernya saja yang menarik, isi perlembar dari novel ini pun sangat menarik sehingga orang yang membacanya tidak mudah bosan
e. Sayang sekali banyak sekali kata-kata yang sulit sehingga para pembaca sulit mengartikan kata.
Jawaban: e

14. Berikut bukan merupakan langkah-langkah menulis resensi ….
a. Menentukan jenis buku yang ingin diresensi
b. Menentukan bagian paling menarik dari buku
c. Menyusun iktisar dari buku tersebut
d. Menaksir harga buku
e. Membaca buku hingga halaman terakhir
Jawaban: d

15. Perhatikan penggalan resensi berikut!
Novel karya Armijn Pane dengan tebal 150 halaman ini mempunyai sejarah yang menggemparkan. Cerita ini pernah ditolak oleh Balai Pustaka, ramai dipuji dan dicela. Akan tetapi, akhirnya tak urung menjadi salah satu novel klasik modern Indonesia yang harus di baca oleh terpelajar Indonesia. Kalimat resensi yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah …
a. Identitas buku adalah karya Armijn Pane dan tebal 150 halaman.
b. Dia seorang pengarang yang sering mendapat penghargaan
c. Buku ini sangat baik di baca oleh pelajar Indonesia
d. Novel ini menceritakan cerita klasik Indonesia, tetapi modern.
e. Keunggulan buku ini terlihat dalam bahasa dan cara penyajiannya.
Jawaban: d

16. Perhatikan penggalan resensi berikut ini!
Karya Supernova adalah sebuah imajinatif. Sungguh tidak lazim bagi dunia sastra sarat dengan problema filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra Indonesia, seorang penulis mampu mengaktualisasikan labirin kehidupan kontemporer secara eksprimentatif dengan gaya yang hampir science fiction.
Dalam kutipan tersebut hal yang diresensi adalah ….
a. kepengarangan
b. kesimpulan terhadap buku
c. kekurangan dan keunggulan buku
d. gaya penulisan cerita
e. bahasa pengarang dalam buku
Jawaban: d

17. Sukro : Sudahlah, Min! Suatu saat pasti berhasil. Jangan mudah putus asa!
Jasmin : Tapi, saya sudah keuar modal banyak. Kapan sepeda motorku bisa kembali?
Penggalan dialog di atas menggambarkan watak tokoh secara ….
a. mutlak
b. lengkap
c. lahir
d. batin
e. langsung
Jawaban: d

18. Waktu itu sudah hampir jam satu. Sekolah sudah usai. Bahwa Ynti belum pulang itulah yang menyebabkan Asdiarti terkejut.
Asdiarti : Kau masih ada disini, Yanti. Belum pulang?
YantI : (Tidak menjawab. Ia hanya menggeleng dan terus melanjutkan membaca.)
Penggalan drama tersebut memuat latar ….
a. tempat
b. waktu
c. suasana
d. alat
e. tempat, waktu, suasana, dan alat
Jawaban: b

19. Pahami latar belakang proposal berikut ini dengan cermat!
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendapatkan seseorang dalam kondisi yang tidak sehat, cacat mental, cacat fisik, dan gangguan kesehatan lainnya. Ironisnya, mereka justru sebagian besar berasal dari keluarg yang tidak mampu secara ekonomis. Penderitaan cacat fisik berupa bibir sumbing, misalnya merasa sangat terganggu dengan keadaan yang dideritanya sejak lahir, yang sudah tentu tidak dikehendakinya.mereka perlu ditolong. Tergerak oleh kondisi yang memprihatinkan tersebut, maka dalam rangka memperingati Hari Kesehatan, OSIS SMA Padamu Negeri berniat untuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa operasi bibir sumbing. Oleh sebab itu, kegiatan bhakti sosial ini dilaksanakan bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu.
Tujuan yang sesuai dengan latar belakang proposal di atas adalah ….
a. Membantu para penderita cacat mental dan fisik yang diderita sejak lahir
b. Mengasah kepedulian siswa SMA Padamu Negeri terhadap penderitaan sesame
c. Memberi bantuan subsidi dana kepada penderita bibir sumbing
d. Menumbuhkembangkan jiwa sosial pada para donator
e. Mewujudkan program pemerintah
Jawaban: a

20. Untuk mengisi liburan caturwulan, teman-teman sekelas akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa pasar murah di desa. Proposal kegiatan tersebut telah disusun untuk dibahas bersama sebelum diajukan kepada kepala sekolah dan pihak-pihak lain guna mendapatka persetujuan dan bantuan. Dalam proposal termuat hal-hal (a) latar belakang dan dasar pemikiran, (b) jenis kegiatan, (c) anggaran/ pembiayaan, (d) waktu dan tempat pelaksana, dan (3) susunan panitia.
Bagian yang belum tercantum dalam proposal tersebut adalah ….
a. Nama pabrik yang memproduksi barang yang akan dijual.
b. Maksud dan tujuan kegiatan.
c. Nama siswa yang pertama-tama mempunyai ide untukmenyelenggarakan pasar murah.
d. Pembagian tugas setiap siswa dalam penyelenggaraan pasar murah.
e. Bentuk kegiatan persiapan yang telah dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pasar murah.
Jawaban: b

Lanjut ke soal penilaian akhir semester genap nomor 21-30 => Contoh Soal UAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-2

Previous
Next Post »