Harga Mesin Hand Traktor bajak sawah Mesin Panen Padi semua merk terbaru

Indonesia adalah salah satu negara dimana sebagian penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Sebagai negara agraris wilayah kita memiliki areal sawah yang sangat luas terutama di luar Jawa. Sektor pertanian menjadi salah satu tumpuan negara dalam memenuhi kebutuhan pangan penduduknya. Untuk menunjang pertanian modern yang efisien dengan hasil maksimal dibutuhkan berbagai peralatan pertanian berbasis mesin.

Dalam artikel berikut ini akan dibahas salah satu mesin pertanian modern yaitu mesin bajak sawah yaitu hand traktor. Hand traktor adalah mesin pertanian dengan kegunaan utama membajak atau mengolah sawah untuk menyiapkan sebelum ditanami padi atau jenis tanaman lain. Jika di masa lalu petani mengolah sawahnya mengandalkan tenaga kerbau yang membutuhkan waktu lama untuk areal yang luas. Akibatnya jarak panen pun cukup lama per tahunnya. Sementara jika memanfaatkan mesin hand traktor proses menyiapkan lahan pertanian akan cepat yang artinya jarak waktu tanam menjadi lebih pendek dimana dalam 1 tahun bisa hingga tiga kali panen.

Hand traktor ini dilengkapi dengan sepasang roda yang dimodifikasi sehingga bisa berfungsi menggaruk tanah.Traktor jenis ini tak dapat dinaiki, oleh karena itu pengemudi mesti berjalan di belakang untuk mengendalikannya. Alat kemudi adalah tuas di kanan dan kiri dimana terdapat handle gas untuk menggerakkan roda ke depan. Di bagian tuas juga sudah dilengkapi rem untuk menghentikan laju traktor.

Ada beberapa keunggulan menggunakan hand traktor diantaranya adalah : harga yang relatif terjangkau sebab komponen penyusunnya tak banyak, memiliki konstruksi yang simpel yang artinya perawatan akan lebih mudah, dapat dibuat sendiri di bengkel, dapat digunakan untuk petak sawah yang sempit yang melewati sawah milik orang lain, cara pengoperasian yang mudah dan tak perlu belajar lama untuk bisa menguasainya.

Traktor tangan bisa diklasifikasikan menurut besar kecilnya tenaga motor penggerak yang digunakan. Untuk hand traktor kecil biasanya menggunakan mesin bertenaga tak lebih dari 5 HP. Hand traktor sedang menggunakan mesin penggerak dengan power antara 5 - 7 HP dan untuk hand traktor besar menggunakan mesin antara 7 -12 HP. Hand traktor pun memiliki variasi dalam hal jenis bahan bakar dari mesin penggerak yang digunakan yaitu hand traktor bermesin bensin, bermesin solar atau bermesin kerosin.

Daftar harga mesin hand traktor bajak sawah semua merk terbaru 2018 berikut ini tentunya akan sangat berguna bagi para petani yang akan membeli peralatan penunjang pertanian. Harga yang tercantum adalah data yang diambil dari situs belanja Bukalapak tokopedia pada Februari 2018 :

1. Mesin bajak 1WG3.4-75FQ.D Loncin Rp.7.300.000

Mesin Bajak Traktor tangan loncin
Traktor Tangan Loncin 1WG3.4-75FQ.D
Pilihan hand traktor yang serbaguna, bisa difungsikan untuk tanah sawah maupun kebun. Memiliki variasi mata pisau yang bermacam-macam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dirancang dengan bodi yang langsing sehingga mudah dalam pengoperasian. Mesin penggerak tipe G 200 F yang cukup handal dengan daya 4,1 kW/rpm. Konsumsi bahan bakar pun terbilang irit yaitu kurang lebih 1,52 Liter/Jam.

2. Mesin bajak Firman FTL 900 Rp.10.788.000

Mesin Traktor Sawah FIRMAN TILLER FTL 900H
Mesin Traktor Sawah FIRMAN TILLER FTL 900H
Hand traktor Firman FTL 900 adalah alat yang tepat untuk mengolah tanah sawah atau kebun, mencacah tanah, membuat guludan, serta menyiangi tumbuhan gulma pengganggu. Penggunaannya cukup mudah, cepat dan efisien. Menggunakan mesin tipe 170F 4 tak berbahan bakar bensin dengan power yang dikeluarkan maksimal hingga 7 HP. Kedalaman tanah yang bisa digaruk maksimal mencapai 30 cm dengan putaran bajak hingga 850 mm. Mesin menganut pergantian gigi : 1,0,2,-1 dan memiliki mekanisme mundur.

3. Mesin Panen Padi Murah - Termahal

Untuk mesin panen padi termurah Tasco CG430, Yanmar YAP 120 serta Firman FCH 1207 sangat cocok untuk Petani modern jaman sekarang yang sangat memerlukan kecepatan dan praktis dengan hasil maksimal.
Mesin Panen padi Reaper Tasco Cg430_1_
Harga Mesin Panen padi Reaper Tasco CG-430 Murah Rp 1.600.000
mesin panen padi yanmar yap 120
Mesin Panen Padi Yanmar YAP 120 Harganya Rp 26.700.000

Mesin Panen Padi FIRMAN FCH1207
Mesin Panen Padi FIRMAN FCH 1207
Mesin Panen Padi Yanmar
Mesin Panen Padi Yanmar YH 150 Harga Rp 142.475.000


Hand traktor bisa diandalkan untuk mendukung kerja pertanian yang efisien dalam hal tenaga, waktu ataupun biaya. Hasilnya adalah peningkatan dalam kapasitas kerja, menekan ongkos produksi dan meningkatkan hasil pertanian. Harga hand traktor memang cukup mahal namun sesuai dengan hasil jangka panang yang diperoleh.